Translate

Minggu, 14 Agustus 2016

OTOMATISASI PERKANTORAN



SPEKTRUM KURIKULUM 2013


PROGRAM KEAHLIAN                                   :  ADMINISTRASI
PAKET KEAHLIAN                                          :  ADMINISTRASI PERKANTORAN
MATA PELAJARAN                                        : OTOMATISASI PERKANTORAN


Satuan Pendidikan        : SMK NEGERI 1 KEBUMEN
Kelas                               : X
Kompetensi Inti:
KI 3: Memahamidanmenerapkanpengetahuanfaktual, konseptual, proseduraldalamilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah.
 KI 4: Mengolah,  menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri, danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan.


No

KompetensiDasar

MateriPokok

Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

Semester 1
3.1. Menjelaskancaramengetik (keyboarding) dengantepatdantepat



4.1. Mengoperasikancaramengetik (keyboarding) dengantepatdantepat




1.    K3 Perkantoran, syarat-syarat ergonomic : luasruangkerja, sikapdudukdanletakjari; bentukdanukurankursi, tempatistirahat kaki; posisilayar; keyboard dan mouse, map dokumen, radiasilayarkomputer, pencahayaan, kebisingan
2.    Mengetik 10 jaridengankecepatan 200 epmdanketepatan 99%
3.    TeknikMengetik system 10 JaridenganCepatdanTepat:
a.    PenguasaanTutsdasar, TutsAtas, TutsBawah, TutsAngkadantandabaca
b.    Mengetiknaskahdengankecepatanmulaidari 50 epmsampaidengan 200 epm, dengantepat 100%
Mengamati
Mengamati  beberapa kondisitentang K3,  ergonomic : ruangkerja, sikapdudukdanletakjari; bentukdanukurankursi, tempatistirahat kaki; posisilayar; keyboard dan mouse,  dokumen, radiasilayarkomputer, pencahayaan, dankebisingan

Menanya
Memberikan kesempatan pesertadidikmenanyakan hal yang berkaitan dengan pengetikan 10 jari
Eksperimen/explore
Menggunakan tuts-tuts yang digunakan dalam pengetikan
Asosiasi (menalar)
Menjelaskan konidisiataudampak yang ditimbulkanakibat kesalahan dalamduduk, mengetik.
Komunikasi
Mempresentasikan tatacaramengetik 10 jaridanmenjelaskandampak akibat kesalahan dalamduduk, mengetik.
Tugas
Memecahkanmasalahsehari-sehariberkaitandenganpenmgetikan (keyboarding)
Observasi
Ceklistlembarpengamatankegiatanpengetikan di kantor
Portofolio
Laporantertulistentangproses pengetikandi DuniaKerjasecaraberkelompok

Tes
Testertulisbentukuraiandan/ataupilihangandatentangtatacaramengetik(keyboarding)
6 X 6 JP

3.2 Mengidentifikasicaramengoperasikan Microsoft Word


4.2. MengoperasikancarakerjaMicrosoft Word


·         MS Word
o   Mulaibekerjadengan MS Word
o   Membuat format dokumen
o   Membuat format teksdan paragraph
o   Membuat Format Tabeldanmengolah
o   Membuat Mail Merge
o   MenggunakanWarnadanobjek
o   Mencetak File Dokumen
Mengamati
Mengamati  bagaimanacarakerjadengan MS Word, Membuat format dokumen, Membuat format teksdan paragraph, Membuat Format Tabel, mengolah, Membuat Mail Merrge, MenggunakanWarnadanobjekdanMencetak File Dokumendi sekolahatau di kantorterdekat
Menanya
Memberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang berkaitan dengan carakerja MS Word.
Eksperimen/explore
Praktikcara menggunakan semuatombol keyboard
Asosiasi
Menjelaskan tentangcarakerja MS lainnya yang memilikikesamaandengan MS Word.
Komunikasi
Mempresentasikan carakerjadenganS Word.
Tugas
Memecahkanmasalahsehari-sehariberkaitandenganprosedur penanganan pekerjaan kantor
Observasi
Ceklistlembarpengamatankegiatankantor

Portofolio
Laporantertulistentang SOP di DuniaKerjasecaraberkelompok
Tes
o   Testertulisbentukuraiandan/ataupilihanganda
8 X 6JP
o    
3.3. Menguraikancaramengoperasikan Microsoft Excel

4.3. Mempraktikkancaramengoperasikan Microsoft Excel



·         MS Excel
o   Mulaibekerjadengan MS Excel
o   Membuat Format Wordbook
o   Membuat Format Tabel
o   Membuat Format data Tabel
o   Mengolah Data TabeldanGrafik
o   Menggunakanwarnadanobjek
o   Mencetak File Workbook

Mengamati
Mengamati  Mulaibekerjadengan MS Excel, Membuat Format Wordbook, Membuat Format Tabel, Membuat Format data Tabel, Mengolah Data TabeldanGrafik, Menggunakanwarnadanobjek, Mencetak File Workbook di sekolahatau di kantorterdekat
. 
Menanya
Memberikan kesempatan pesertadidik menanyakan hal yang berkaitan dengancarakerja MS Excel
Eksperimen/explore
Menggunakan rumus-rumus MS Excel
Asosiasi
Menjelaskan aplikasi lain yang meilikikesamaandenganMSel.
Komunikasi
o    Mempresentasikan carakerja MS Excel
Tugas
Memecahkanmasalahsehari-sehariberkaitandenganprosedur penangananpekerjaan kantor
Observasi
Ceklistlembarpengamatankegiatankantor
Portofolio
Laporantertulistentang SOP di DuniaKerjasecaraberkelompok
Tes
o   Testertulisbentukuraiandan/ataupilihanganda



8 X 6 JP
o    
Semestar 2

3.4 Menguraikancaramengoperasikan  Microsoft Power Point


4.4 Mengoperasikan  Microsoft Power Point




·         MS Power Point
o   Mulaibekerjadengan MS Power Point
o   Membuat Format Presentasi
o   Membuat Format Teks
o   Membuat Format Tabel
o   Menggunakanwarnadanobjek
o   Membuat format penampilan Slide
o   Mencetak File presentasi

Mengamati
Mengamati  Mulaibekerjadengan MS Power Point, Membuat Format , Presentasi, Membuat Format Teks, Membuat Format Tabel, Menggunakanwarnadanobjek, Membuat format penampilan Slide, Mencetak File presentasi

Menanya
Memberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang berkaitan dengan carakerja MS power point
Eksperimen/explore
Menggunakan aplikasi MS power point padaberbagaibidangkehidupan

Asosiasi
Menjelaskan aplikasi lain yang memilikikesamaandengan MS power point misalnya: Prezi
Komunikasi
Mempresentasikan carakerja MSpower point

Tugas
Memecahkanmasalahsehari-sehariberkaitandenganmateri yang dipresentasikanmelalui power point
Observasi
Ceklistlembarpengamatankegiatankantorkhususnyadenganpekerjaan yang menggunakan power point
Portofolio
Laporantertulistentangpenggunaan power point di DuniaKerjasecaraberkelompok
Tes
Testertulisbentukuraiandan/ataupilihangandatentang MS power point


5 x 6 JP


3.5Menguraikancaramengoperasikan Microsoft Publisher



4.5  Mempraktikkancaramengoperasikan Microsoft Publisher




·   MS Publisher
o  Mulaibekerjadengan MS Publisher
o  Langkahkerja MS Publisher
o  Mencetak File MS Publisher


Mengamati
Mengamati  carakerjaMulaibekerjadengan MS Publisher, Langkahkerja MS Publisher, Mencetak File MS Publisher

Menanya
Memberikan kesempatan pesertadidikmenanyakan hal yang berkaitan dengan pembuatan MS Publisher
Eksperimen/explore
Menggunakan simbol-simbol yang digunakan MS Publisher
Asosiasi
Menjelaskan akibat kesalahan dalammengerjakanmateridengan MS Publisher.
Komunikasi
Mempresentasikan Cara kerja MS Publisher
Tugas
Memecahkanmasalahsehari-sehariberkaitandenganprosedur penanganan pekerjaan kantor
Observasi
Ceklistlembarpengamatankegiatankantor
Portofolio
Laporantertulistentangpenggunaan MS publisher di kantorterdekatsecaraberkelompok
Tes
TesPraktikdantertulisbentukuraiandan/ataupilihangandatentang MS Publisher
5 X 6 JP

3.6 Menguraikancaramengoperasikanwebside

4.6 Mempraktikkancaramengoperasikanwebside





·         Internet dan E-mail
o   Akses internet
o   Pengertiantentang HTML
o   Penggunaanperangkatlunakuntukmenciptakan web site
o   E-mail dengan ISP
o   Mengenal Aneka TIP (Install Font, Print Out, Menentukanjumlah WorksheetatauWorkbook, dantampilanhalaman web dalam Home Page

Mengamati
Mengamati  penggunaandanpengoperasianWebside di sekolahatau di kantorterdekat. 
Menanya
Memberikan kesempatan pesertadidikmenanyakan hal yang berkaitan dengan caramengoperasikanwebside

Eksperimen/explore
Mendemontrasikancarakerjawebsidekepadatemansekelassecara individual ataukelompok
Asosiasi
Menjelaskan fasilitas lain yang memilikikesamaandengancarakerja internet email dan lain-lain.
Komunikasi
Mempresentasikan carakerjawebsidesecaraberkelompok
Tugas
Memecahkanmasalahsehari-sehariberkaitandenganprosedur penanganan pekerjaan kantor
Observasi
Ceklistlembarpengamatankegiatankantor
Portofolio
Laporantertulistentang SOP di DuniaKerjasecaraberkelompok



Tes
o   Testertulisbentukuraiandan/ataupilihanganda
5 X 6 JP
o    
3.7  Menjelaskancaramemproduksidokumen/lembarkerjasederhana

4.7 Mengoperasikancaramemproduksidokumen/lembarkerjasederhana

·         Tata Cara pengetikandokumenpanjangmaupunpendekseperti:
o   Surat, memo dansampulnya
o   Kartunama, ucapan, undangan, barang, dll
o   Surat/piagampenghargaan,
o   Brosur, calendar,
o   Simbolrumusataunilaistatistik
o   Laporan, daftarisi, daftarpustaka, dll
·         Tata caramengetikdanmengolah data tabeldangrafikdenganmenggunakanfungsi-fungsi:
o   Matematika
o   Statistik
o   Logika
o   Lookup
o   Smart Art
·          Tata Cara mengetikBahantampilan slide Presentasidengancara:
o   Memformatpresentasi
o   MemformatTeks
o   Memformat table
o   Memfaatkan Smart Art
o   Memformatpenampilan Slide secaratransisi, animasi, sound effect
Mengamati
Mengamati  beberapa caramemproduksilembarakerja di sekolahatau di kantorterdekat. 
Menanya
Memberikan kesempatan pesertadidik menanyakan hal yang berkaitan dengan carapengetikandokumenpanjangmaupunpendek
Eksperimen/explore
Mencobamengetikdokumen-dokumenseperti memo, kartunama, kartuundangandan lain-lain secara individual
Asosiasi
Menjelaskan carapengetikanbahantampilanpresentasidenganmemanfaatkan Smart Art dan lain-lain.
Komunikasi
Mempresentasikan caramemproduksidokumen/lembarkerjasederhana.
Tugas
MembuattulisanuntukKartuNamaataukartuucapandan lain-lain denganmenggunakanfasilitas computer secaraberkelompok
Observasi
Ceklistlembarpengamatankegiatanpengerjaandokumensederhana
Portofolio
Laporantertulistentangcaramembuatdokumensecaraberkelompok
Tes
Testertulisbentukuraiandan/ataupilihangandatentangcaramemproduksidokumen/lembarkerjasederhana
5X6 JP
o    










Catatan :
  1. UntukpemberianmateriPaketkeahlian di Kelas XII, waktunyadisesuaikandenganpelaksanaanPrakerin (PraktekKerjaIndustri).
  2. Selamapesertadidikberada di Dunia Usaha/Industri, Mata PelajaranKelompok A dan B padaKelas XII diajarkandalambentukpraktekimplementasisikapdanperilakupendukungmatapelajarankelompokAdan B.
  3. PadasaatPraktekKerjaSekolah (Prakes) maupunPraktekKerjaIndustri (Prakerin), siswadibekalidenganmoduldan format penilaiansikapserta format laporanportofolioselamamelaksanakankegiatanPrakesdanPrakerin.
  4. PenilaianPraktekKerjadilakukanoleh guru matapelajarandanInstruktur di Industridalambentuklaporanhard copy danatausoft copy yang dikirimkankepada Guru Mata pelajarandanIntruktur di Industrimelalui email/suratelektronik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Mengenai Saya