SPEKTRUM KURIKULUM
2013
PROGRAM KEAHLIAN : ADMINISTRASI
PAKET KEAHLIAN
: ADMINISTRASI PERKANTORAN
MATA
PELAJARAN :
KORESPONDENSI
Satuan Pendidikan : SMK
NEGERI 1 KEBUMEN
Kelas /Semester : X
Kompetensi Inti:
KI 3: Memahamidanmenerapkanpengetahuanfaktual, konseptual,
proseduraldalamilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya,
danhumanioradenganwawasankemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitfenomenadankejadian,
sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang
spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah.
KI 4: Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang
dipelajarinya di sekolahsecaramandiri,
danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan.
No
|
KompetensiDasar
|
MateriPokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
Semester
1
3.1 MenjelaskantentangkomunikasiLisan
4.1.
MenerapkanketerampilankomunikasiLisan
|
·
Dasar-dasarKomunikasi
Kantor
o
Pengertiandankomponenkomunikasi
o
Faktor-faktorkomunikasi
o
Proses dan Media
Komunikasi
o
JenisdanPrinsip-prinsipKomunikasi
o
EtikadanKepribadian
o
KonsepEtiket Kantor
·
Peralatan/mesinKomunikasi
o
Telephone, Telephon
conference; PHBX, Fax;
o
Voice Mail, VOIP PBX,
Skype
o
Mobile Phone, IPhone,
dll
·
Tata Cara
MenerimaPanggilan Telephone
o
Keterampilanmendengardanmemahamiinformasi
yang diterima
o
Spelling Abjad
o
Telepon Manner
o
MencatatdanmenyampaikanpesanmelaluiLembarPesanTelepon
o
Penggunaan SLI/SLJJ
berkaitandenganperbedaanwaktu
|
Mengamati
Mengamati tentangberbagaijeniskomunikasi
yang terjadi di sekolahatau di kantor
Menanya
Memberikan
kesempatan pesertadidik menanyakan hal yang berkaitan dengan berbagaijenis-jeniskomunikasi
yang terjadi di sekolahatau di kantor
Eksperimen/explore
Mencobamelakukankomunikasisecaralisanantarteman
Asosiasi
Menjelaskan beberapajeniskomunikasilisandenganmenggunakanalatkomunikasi.
Komunikasi
Mempresentasikan di depantentangkomunikasilisan
|
Tugas
Membuat resume tentangkomunikasilisan
Observasi
Ceklistlembarpengamatanpadasaatpesertadidikmelakukandiskusikelompok
Portofolio
MembuatLaporantertulistentangkomunikasilisandi
sekolahataukantorterdekatsecaraberkelompok
Tes
Tespraktikdaantertulisbentukuraiandan/ataupilihangandatentangkomunikasilisan
|
9 X 5 JP
|
|
|
3.2. Mengidentifikasicaramembuatkomunikasitulis
4.2 Mempraktikkancaramembuatkomunikasitulis
|
·
Tata
laksanaProsedurPembuatanSurat/Naskah/dokumen(Tata bahasa/kalimatsuratniaga,
dinasdanpribadi, Tata penulisansuratsecarajelas,
singkatdantepatdanPenggunaanEjaan, tandabacadantatabahasa)
·
Lay Out Surat
·
Isi Surat
|
Mengamati
Mengamati tentangberbagaijeniskomunikasitertulis
yang terjadi di sekolahatau di kantor
Menanya
Memberikan
kesempatan pesertadidik menanyakan hal yang berkaitan dengan berbagaijenis-jeniskomunikasitertulis
yang terjadi di sekolahatau di kantor
Eksperimen/explore
Mencobamelakukankomunikasisecarasecaratertulis
Asosiasi
Menjelaskan beberapajeniskomunikasitertulisdenganmenggunakanalatkomunikasitertulis.
Komunikasi
Mempresentasikan di depantentangkomunikasitertulis
|
Tugas
Membuat resume tentangkomunikasitertulis
Observasi
Ceklistlembarpengamatanpadasaatpesertadidikmelakukandiskusikelompok
Portofolio
MembuatLaporantertulistentangkomunikasitertulis
di sekolahataukantorterdekatsecaraberkelompok
Tes
Tespraktikdantertulisbentukuraiandan/ataupilihangandatentangkomunikasitertulis
|
10 X 5JP
|
|
|
Semester
2
3.3. MenjelaskancaramembuatsuratDinas
4.3 MelakukancaramembuatsuratDinas
|
SuratDinas
·
Menjelaskanpengertiandanfungsisuratdinas
·
Suraundangandinas
·
Suratedaran
·
Suratinstruksi
·
Suratperjalanandinas
·
Suratdinaslainnya
|
Mengamati
Mengamati caramembuatsuratdinas
di sekolahataukantorterdekat
Menanya
Memberikan
kesempatan pesertadidik menanyakan hal yang berkaitan dengan surat-suratdinas
Eksperimen/explore
Praktikmembuatbermacam-macamsuratdinassesuaibentuk
yang berlaku
Asosiasi
Menjelaskan carapengetikansuratdinasdiantarateman
Komunikasi
Mempresentasikan tatacarapengetikansuratdinas
|
Tugas
Mencaricontoh-contohsuratdinas yang
biasadigunakan di kantor
Observasi
Ceklistlembarpengamatankegiatankantordalammembuatsuratdinas
Portofolio
Laporantertulistentangsuratdinas di kantoratauDuniaKerjasecaraberkelompok
Tes
Testertulisbentukuraiandan/ataupilihangandatentangsuratdinas
|
7 X 5 JP
|
|
|
3.4 Menjelaskancaramembuatsuratniaga
4.4 Melakukancaramembuatsuratniaga
|
SuratBisnis:
§ Suratperkenlan
§ Suratpermintaanpenawaran
§ Suratpenawaran
§ Suratpesanan
§ Suratpengantarbarang
§ Suratpengaduan
§ Surattuntutandanpenyelesaian
§ Suratgugat
Suratbisnislainnya
|
Mengamati
Mengamati caramembuatsuratniaga
di perusahaanterdekat
Menanya
Memberikan
kesempatan pesertadidik menanyakan hal yang berkaitan dengan surat-suratniaga
Eksperimen/explore
Praktikmembuatbermacam-macamsuratniagadenganberbagaibentuk
yang biasadigunakan
Asosiasi
Menjelaskan carapengetikansuratniagadiantarateman
Komunikasi
Mempresentasikan tatacarapengetikansuratniaga
|
Tugas
Mencaricontoh-contohsuratniaga yang
biasadigunakan di perusahaan
Observasi
Ceklistlembarpengamatankegiatanperusahaandalammembuatsuratniaga
Portofolio
Laporantertulistentangsuratniaga di
DuniaKerjasecaraberkelompok
Tes
Testertulisbentukuraiandan/ataupilihangandatentangsuratniaga
|
6 X 5 JP
|
|
|
3.5 MenguraikancaramembuatSuratBahasaInggris (English Correspodence)
4.5 MempraktikkancaramembuatSuratBahasaInggris (English Correspodence)
|
·
ProsedurPembuatanSuratdNaskah/dokumen(Tata
bahasa/kalimlambahasaInggris
·
Lay Out SuratbahasaInggris
·
Isi
SuratbahasaInggris
·
SuratdinasbahasaIngris
·
SuratniagabahasaInggris
|
Mengamati
Mengamati beberapa prosedur-prosedur dalam manangani
pekerjaan kantor.
Menanya
Memberikan
kesempatan siswa menanyakan hal yang berkaitan dengan prosedur operasi
standar
Eksperimen/explore
Menggunakan
simbol-simbol yang digunakan dalam prosedur operasi standar
Asosiasi
Menjelaskan
akibat kesalahan prosedur dalam menangani pekerjaan kantor.
Komunikasi
Mempresentasikan
dampak kesalahan dalam prosedur penanganan pekerjaan kantor
|
Tugas
Memecahkanmasalahsehari-sehariberkaitandenganprosedur penanganan pekerjaan kantor
Observasi
Ceklistlembarpengamatankegiatankantor
Portofolio
Laporantertulistentang SOP di
DuniaKerjasecaraberkelompok
Tes
Testertulisbentukuraiandan/ataupilihanganda
|
7 X 5 JP
|
|
Catatan
:
- UntukpemberianmateriPaketkeahlian di Kelas XII, waktunyadisesuaikandenganpelaksanaanPrakerin (PraktekKerjaIndustri).
- Selamapesertadidikberada di Dunia Usaha/Industri, Mata PelajaranKelompok A dan B padaKelas XII diajarkandalambentukpraktekimplementasisikapdanperilakupendukungmatapelajarankelompokAdan B.
- PadasaatPraktekKerjaSekolah (Prakes) maupunPraktekKerjaIndustri (Prakerin), siswadibekalidenganmoduldan format penilaiansikapserta format laporanportofolioselamamelaksanakankegiatanPrakesdanPrakerin.
- PenilaianPraktekKerjadilakukanoleh guru matapelajarandanInstruktur di Industridalambentuklaporanhard copy danatausoft copy yang dikirimkankepada Guru Mata pelajarandanIntruktur di Industrimelalui email/suratelektronik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar